BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Peningkatan
kualitas pendidik di RA perlu ditunjang
oleh berbagai faktor, diantaranya adalah peningkatan kualitas sumber daya
manusia, pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien, penyelenggaraan kegiatan
yang terarah, hubungan yang harmonis dengan masyarakat serta perencanaan
anggaran yang sesuai dengan kondisi dan situasi sekolah.
Kunci
utama keberhasilan Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi Sukadana adalah adanya
perencanaan yang jelas, realitas dan sistematis. Konsekuensinya adalah kepala Raudhatul
Athfal Ya ‘Abidi Sukadana yang bertindak sebagai pengelola dituntut mampu
menyusun program kerja yang merupakan susunan kegiatan yang akan dilaksanakan
dalam waktu tertentu secara terpadu dan sistematis guna mencapai target yang
telah ditentukan.
B.
Dasar
Pemikiran
1. Undang-undang
No.02 Tahun 1989 tentang System Pendidikan Nasional.
2. Peraturan
Pemerintah No.27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah.
3. Dalam
Undang-undang N0.20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional Bab I Pasal 3
ayat 14 disebutkan bahwa: Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya perkiraan
yang ditunjukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun, yang dilakukan
melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan ddan
perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan memasuki
pendidikan lebih lanjut.
C.
Tujuan
1. Tujuan
Umu
a. Meningkatkan
kualitas pendidikan di Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi Sukadana
b. Memberikan
motivasi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di lingkungan Raudhatul
Athfal Ya ‘Abidi Sukadana.
2. Tujuan
Khusus
a. Memilih
kegiatan yang memungkinkan dapat dicapai sesuai dengan kemampuan dan kondisi
yang dimiliki oleh Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi Sukadana
b. Memprioritaskan
kegiatan unggulan dengan mengutamakan kepentingan Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi
Sukadana.
c. Menentukan
langkah kerja Kepala Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi Sukadana dalam mengelola Raudhatul
Athfal Ya ‘Abidi Sukadana.
d. Memudahkan
Kepala Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi Sukadana dalam mengevaluasi hasil kerja yang
telah dicapai.
D.
Sasaran
Sasaran
Program kerja Kepala Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi Sukadana meliputi:
1. Kesiswaan
2. Kepegawaian
3. Penyelenggaraan
proses kegiatab belajar mengajar
4. Keuangan
5. Pengelolaan
Sarana dan Prasarana
6. Hubungan
dengan masyarakat
E.
Sistematika
Susunan
program kerja kepala RA Tahun Pelajaran 2016/2017 Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi
Sukadana Miftahul Ulum Tukdana Kabupaten Indramayu.
BAB I :
Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, dasar pemikiran, tujuan dan sistematika.
BAB
II :
Program kerja Kepala Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi Sukadana berisi
pengorganisasian, jadwal rencana kegiatan Kepala Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi
Sukadana, rencana anggaran penerimaan dan pengeluaran serta komponen-komponen
program kerja Kepala Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi Sukadana.
BAB
III : Penutup
BAB
II
PROGRAM KERJA
KEPALA RAUDHATUL ATHFAL YA ‘ABIDI SUKADANA
A.
Pengorganisasian
1. Susunan
Pengurus Dewan Komite Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi Sukadana
Ketua : M. Mu’arifin, S.Pd.I
Sektretaris : Nanang Wahidin
Bendahara :
Daryono
Bidang Kurikulum : Rahmat Najri
Bidang Kesiswaan :
Saparudin, S.Sos
Bidang Pengadaan Dana :
Ja’far Sodiq
Bidang Hubungan
Masyarakat : Warnita
2. Susunan
Pengurus Harian dan Aktivitas Personal
2.1.
Jumhudi, S.Pd.I, M.Si 2.1.1 Kepala Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi
Sukadana Ya ‘Abidi Sukadana
2.1.2 Penanggung Jawab Seluruh Kegiatan
2.1.3 Mengelola RA
2.2. Nurul Alfiyani, S.Pd.I 2.2.1 Mengajar di kelompok B
2.2.2 Mengerjakan Administrasi Kelompok B
2.3. Tati Sunarti 2.4.1 Mengajar di Kelompok A
2.4.2 Mengerjakan Administrasi Kelompok A
2.5. Tati Mulyati, S.Pd.I 2.5.1 Membantu mengajar di kelompok A & B
2.5.2 Membantu Administrasi Kepala RA
2.5.3 Penanggung Jawab Perpustakaan
2.6. Lailatul Ulfa 2.6.1
Membantu mengajar di kelompok A & B
2.6.2 Mengelola Keuangan &Tabungan Siswa
B.
Komponen-komponen
Program Kerja Kepala Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi Sukadana
1. Kesiswaan
a. Pada
awal tahun pelajaran melaksanakan penerimaan peserta didik baru
b. Menjaring
siswa untuk masuk RA
c. Menyusun
Tata tertib RA
d. Memberikan
pembinaan melalui upacara bendera
e. Berdiskusi
dengan guru kelas tiap kelompok dalam hal perkembangan siswa atau bila ada
permasalahan yang dihadapi selama proses belajar mengajar
f. Memberikan
penghargaan kepada siswa yang berprestasi
g. Mengelola
kegiatan belajar mengajar
h. Mengikutsertakan
siswa dalam berbagai perlombaan
i.
Menyediakan
sarana atau media pembelajaran seperti arena bermain, radio-tape dan alat
peraga edukatif lainnya.
j.
Menyelenggarakan
kegiatan:
1. Pindah
Kelompok
2. Pembagian
BLP
3. Pelepasan
Siswa yang masuk SD
4. Penyerahan
SKKTB
5. Melaksanakan
pentas seni/wisuda
k. Melaksanakan
karya wisata
2. Kepegawaian
a. Meningkatkan
kemampuan profesional guru melalui jalur luar sekolah dengan kegiatan-kegiatan
seperti penataran, pembinaan profesional, KKG, PPG, rapat kerja dan
pemberdayaan guru sekolah.
b. Memberi
motifasi untuk mengikuti pendidikan di perguruan tinggi (jalur sekolah)
Dengan :
1. Mewajibkan
guru untuk memiliki ijazah PGTK
2. Menganjurkan
untuk memperoleh ijazah S.1 bagi guru yang mempunyai kemauan dan kemampuan.
c. Motivasi
guru sukwan untuk ikut serta dalam seleksi penerimaan/pengangkatan CPNS/GBS.
d. Mengelola
kesejahteraan guru melalui penyerahan gaji tepat waktu.
e. Menyediakan
sarana kelengkapan administrasi.
f. Menyediakan
media cetak, elektronik dan buku-buku guna memperluas wawasan guru.
g. Mengikutsertakan
guru dalam kegiatan:
1. Perumusan
program kegiatan sekolah
2. Menyusun
jadwal pelajaran
3. Menyusun
daftar kebutuhan sekolah
4. Seleksi
guru teladan
5. Organisasi
profesi
6. Mempererat
tali persaudaraan
3. Penyelenggaraan
proses belajar mengajar
a. Mengadakan
supervisi guru
b. Menganalisa
GBPP bersama guru kelas
c. Membantu
guru yang mendapat kesulitan dalam penyajian KBM
d. Menyusun
batas pelajaran untuk tiap jenjang kelompok
e. Mengupayakan
taraf serap siswa sesuai target kurikulum
f. Menyediakan
alat peraga sebagai alat bantu guru dalam kegiatan belajar mengajar.
4. Pengeloaan
Sarana dan Prasarana
a. Perencanaan
kurikulum barang
b. Menyusun
kebutuhan rutin meliputi:
1. Alat
tulis kantor
2. Alat
bantu KBM
3. Alat
kebersihan
c. Menyusun
kebutuhan tertentu seperti alat kesenian, alat permainan dan alat hiburan
d. Penyimpanan
barang
1. Menerima,
mencatat, menyimpan dan mengatur barang
2. Menyelenggarakan
ad inistrasi penyimpanan dan penggunan barang yang ada
e. Pemeliharaan
dan perawatan barang
1. Perbaikan
meubelair
2. Perbaikan
ringan ruang kelas
3. Perbaikan
ringan ruang kantor
4. Perawatan
halaman sekolah
5. Hubungan
dengan masyarakat
a. Pertemuan
dengan orang tua murid
b. Pertemuan
dengan dewan komite RA
c. Pementasan
karya seni siswa
d. Hubungan
dengan instansi terkait seperti pemerintahan desa, puskesmas, kepolisian, pos
dan Giro dan lain-lain
6. Rencana
anggaran pendapatan dan belanja sekolah
a. Menyusun
anggaran pendapatan rutin sekolah melalui DSP dan SPP.
b. Menyusun
anggaran belanja sekolah berdasarkan kebutuhan rutin dan insidensial dengan
komponen-komponen :
1. Biaya
kegiatan belajar mengajar
2. Penyediaan
alat belajar mengajar
3. Perawatan
dan pemeliharaan sekolah
4. Kesejahteraan
5. Peningkatan
kegiatan ekstrakurikuler
6. Pembinaan
7. Pelaporan
8. Pendataan
9. Cadangan
biaya tak terduga
c. Membuat
pertanggungjawaban dan laporan berdasarkan sumber data yang diterima
7. Administrasi Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi
Sukadana
Melaksankan pembuatan
administrasi khususnya untuk kepala RA berdasarkan
a. Asministrasi
sekolah
1. Jadwal
pelajaran
2. Daftar
pemeriksaan tugas mengajar guru
3. Daftar
pemeriksaan administrasi kelas
4. Daftar
penyelesaian kasus sekolah
5. Hubungan
masyarakat
b. Administrasi
kesiswaan
Awal tahun
1. Format
pendaftaran siswa baru
2. Daftar
calon siswa baru
3. Daftar
siswa baru
Selama
tahun pelajaran
1. Buku
induk siswa
2. Buku
kleper
3. Daftar
hadir siswa
4. Buku
pencocokan siswa
5. Papan
presensi harian siswa
6. Buku
presensi siswa
7. Rekapitulasi
presensi dalam satu bulan
8. Surat
permohonan pindah sekolah
9. Surat
keterangan pindah sekolah
10. Buku
mutasi siswa
Akhir
tahun pelajaran
1. Daftar
siswa yang melanjutkan ke SD
2. Daftar
siswa yang pindah kelompok
3. Rekapitulasi
sisiwa yang pindah kelompok dan masuk SD
c. Administrasi
Kepegawaian
1. Rencana
kebutuhan pegawai / guru
2. Usul
kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala
3. Daftar
Usul penetapan angka kredit
4. Daftar
penilaian pelaksanaan pekerjaan PNS
5. Buku
catatan penilaian PNS
6. Daftar
urut pegawai
7. Daftar
hadir pegawai/guru
8. Data
guru
9. Kartu
pribadi pegawai
d. Administrasi
keuangan
1. Menyusun
RAPBS
2. Buku
kas umum
3. Buku
kas pembantu
4. Pertanggungjawaban
dan pelaporan sesuai sumber data
e. Administrasi
kelengkapan barang
1. Kartu
inventaris barang
2. Buku
inventaris barang
BAB
III
PENUTUP
Alhamdulillah,
berkat rahmat serta ridho Alloh SWT, program kerja kepala Raudhatul Athfal Ya
‘Abidi Sukadana dapat diselesaikan. Keberhasilan ini tidak luput dari bantuan,
saran dan kritik dari berbagai pihak terutama tim kerja Raudhatul Athfal Ya
‘Abidi Sukadana Kabupaten Indramayu. Program-program kerja
yang telah direncanakan pada implementasinya akan banyak menemui kendala di
lapangan, akan tetapi dengan tatanan sistem kerja yang profesional, terarah dan
sistematis diharapkan mampu memudahkan kepala RA dalam menjalani fungsi dan
perannya.
Dengan
demikian semoga program kerja ini dapat menjadi acuan dalam peningkatan
kualitas pendidikan khususnya di Raudhatul Athfal Ya ‘Abidi Sukadana Kecamatan Tukdana Kab. Indramayu.
0 Komentar