tata tertib siswa ujian

17:17
MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA
                        ( MI MIFTAHUL HUDA )
SUKADANA – TUKDANA – INDRAMAYU
TERAKREDITASI NILAI A\
Alamat : Jln. Raya Sukadana N0.2008 Kec.Tukdana – Kab.Indramayu  Post.45272  No.HP (081320674581)
                                         email : miftahulhuda397@yahoo.com   website : www.mi-miftahulhudasukadana.blogspot.com
 



TATA TERTIB PENGAWAS
UJIAN SEKOLAH/MADRASAH (US/M)
TAHUN PELAJARAN ..................

1.        Pengawas Ruang US/M menerima penjelasan dan pengarahan dari Ketua Penyelenggara US/M.
2.        Pengawas Ruang US/M menerima bahan US/M yang berupa Amplop Naskah Soal US/M, Naskah Soal US/M, Lembar Jawaban US/M, dan Amplop Lembar Jawaban US/M.
3.        Pengawas Ruang US/M masuk kedalam Ruang Ujian 15 menit sebelum waktu pelaksanaan US/M dan memeriksa kesiapan Ruangan dan Pelaksanaan US/M.
4.        Pengawas Ruang US/M mempersilahkan Peserta US/M untuk memasuki ruang ujian dan menempati tempat duduk sesuai dengan nomor yang telah ditentukan.
5.        Pengawas Ruang US/M memeriksa setiap peserta ujian untuk tidak membawa tas, buku dan catatan lain, alat komunikasi (HP), kalkulator dan sebagainya kedalam ruang ujian, kecuali alat tulis yang akan dipergunakan.
6.        Pengawas Ruang US/M membacakan Tata Tertib Peserta US/M.
7.        Pengawas Ruang US/M membagikan Lembar Jawaban US/M kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta US/M (Nomor Ujian, Nama, Tanggal Lahir dan Tanda Tangan), Kode Mata Pelajaran dan Kode Paket Naskah Soal US/M agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal dan cara mengisi Lembar jawaban US/M.
8.        Pengawas Ruang US/M mengedarkan Daftar Hadir serta mengecek kesesuaian dengan Kartu/Tanda Peserta sebelum ujian dimulai.
9.        Setelah seluruh peserta ujian mengisi identitas, Pengawas US/M membuka Amplop Soal, memeriksa kelengkapan bahan US/M dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat (segel), disaksikan oleh peserta ujian.
10.     Pengawas Ruang US/M setiap kali membagikan Naskah US/M pada lajur tempat duduk peserta ujian (dari depan ke belakang).
11.     Naskah Soal US/M diletakkan diatas meja peserta dalam posisi tertutup, peserta ujian tidak diperkenankan untuk menyentuhnya sampai dengan tanda waktu (bel) US/M dimulai.
12.      Kelebihan naskah soal tidak terpakai dimasukkan kedalam amplop naskah soal dan tetap disimpan diruang US/M.
13.     Setelah tanda waktu (bel) mengerjakan soal dimulai, Pengawas US/M mempersilahkan peserta untuk mengecek kelengkapan naskah soal sebelum mulai mengerjakan soal.
14.     Apabila ditemukan ada naskah soal yang cacat atau rusak, Pengawas US/M wajib menggantinya.
15.     Selama US/M berlangsung, Pengawas wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana ruang US/M. Memberikan peringatan dan sanksikepada peserta yang melakukan kecurangan, serta melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang US/M.
16.     Pengawas Ruang US/M dilarang memberikan bantuan dalam bentuk apapun kepada peserta yang berkaitan dengan jawaban soal yang diujikan.
17.     Lima menit sebelum waktu ujian selesai, Pengawas US/M memberitahukan kepada peserta bahwa waktu mengerjakan soal tinggal 5 (lima) menit lagi.
18.     Setelah waktu ujian usai, Pengawas Ruang US/M mempersilahkan peserta untuk berhenti mengerjakan soal. Peserta Ujian dipersilahkan meninggalkan Ruang Ujian setelah Pengawas menghitung jumlah Lembar Jawaban US/Msama dengan jumlah peserta US/M yang hadir.
19.     Pengawas Ruang US/M mengumpulkan dan mengecek kelengkapan Lembar Jawaban US/M dengan Lembar Soal US/M setelah tanda batas waktu mengerjakan soal selesai.
20.     Pengawas Ruang US/Mmengumpulkan Lembar Jawaban US/M sesuai dengan paket soal dan diurutkan dari nomor peserta terkecil.
21.     Pengawas Ruang US/M memasukkan seluruh berkas Lembar Jawaban US/M dan Daftar Hadir kedalam amplop, dilak/disegel dan ditanda tangani oleh Pengawas Ruang US/M.
Pengawas Ruang US/Mmenyerahkan Naskah Soal US/M (termasuk yang tidak terpakai) kepada Sekolah/Madrasah Penyelenggara disertai dengan Berita Acara Pelaksanaan US/M disaksikan oleh Tim Pemantau Independen (TPI) Tingkat Sekolah/Madrasah. 
Previous
Next Post »
0 Komentar