RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
RAUDLATUL ATFHAL YA ‘ABIDI SUKADANA KECAMATAN
TUKDANA
Semester/Minggu ke/Hari ke : I / 1
/ 1
Hari /tgl : ……………………………………………………………
Kelompok usia : B
Tema/sub tema : Diriku
/Identitas Diri (Nama )
KD : 1.1 – 1.2 – 2.5 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3
– 3.12-4.12
Materi : - Aku
ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
diri sendiri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Mengurus
diri sendiri
-
Menyanyi
lagu Aku
-
Fungsi
identitas diri
-
Menggerakkan
jari-jari tangan
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Gambar anak laki-laki dan anak
perempuan
- Kertas,kartu nama,pensil
- Kertas gambar,krayon
Karakter : Religius, Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Menyanyi lagu Aku
3. Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4. Mengamati seorang anak
5. Berdiskusi tentang identitas anak yang ada di depan
6. Berdiskusi cara menyayangi diri sendiri
7. Mengenalkan kegiatandan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Mewarnai gambar anak laki-laki / perempuan
2.
Menghitung teman yang laki-laki dan yang perempuan lalu
ditulis sesuai angka
3.
Meniru
menulis namanya sendiri sesuai kartu nama
4. Menggambar bebas dengan krayon
C.RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari
ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuribahwa
aku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan
ketrampilan
a. Menunjukkan diri anak
b. Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
c.
Dapat
menyayangi dirinya sendiri
d. Dapat mewarnai gambar dengan rapi
e. Dapat menghitung teman sesuai jenis kelamin
f.
Dapat
menggambar anak sesuai jenis kelamin
g. Dapat meniru menulis namanya sendiri
Mengetahui;
Kepala
RA Ya ‘Abidi
Jumhudi,
S.Pd.I, M.Si
|
|
Guru
Kel B
Nurul
Alfiyani
|
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
RAUDLATUL ATFHAL YA ‘ABIDI SUKADANA KECAMATAN
TUKDANA
Semester/Minggu ke /Hari Ke : I / 1
/ 2
Hari /tgl : ……………………………………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku /Identitas Diri (Jenis Kelamin)
KD : 1.1 – 1.2 – 2.1 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.10
-4.310– 3.12- 4.12
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
diri sendiri
-
Menjaga
kebersihan diri
-
Mengurus
diri sendiri
-
Menyanyi
lagu Aku
-
Identitas
diri dengan lengkap
-
Menggerakkan
jari-jari tangan
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Gambar anak laki-laki dan anak
perempuan
- Kertas,kartu kata,pensil
- Kertas gambar,krayon, Plastisin
Karakter : Tanggung
Jawab
Proses
kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Menyanyi lagu Aku
3. Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4. Mengamati seorang anak
5. Berdiskusi tentang ciri-ciri anak yang ada di depan
6. Berdiskusi cara menyayangi diri sendiri
7. Berdiskusi cara mengurus diri sendiri
8. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Mengelompokkan gambar anak sesuai jenis kelamin
2.
Memberi
tanda pada gambar perbedaan anak laki-laki dan perempuan
3.
Membuat
bentuk orang dengan plastisin
4. Menebali suku kata awal sama dari nama temannya
C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan
bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan
bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan
dan ketrampilan
1. Menunjukkan diri anak
2. Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
3. Dapat membedakan anak laki-laki dan anak perempuan
4. Dapat membentuk dengan plstisin
5. Dapat menebali suku kata awal sama dari nama temanya
6. Dapat mengelompokkan gambar sesuai jenis kelamin
7. Dapat meniru menulis nama temannya
Mengetahui;
Kepala
RA Ya ‘Abidi
Jumhudi,
S.Pd.I, M.Si
|
|
Guru
Kel B
Nurul
Alfiyani
|
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
RAUDLATUL ATFHAL YA ‘ABIDI SUKADANA KECAMATAN
TUKDANA
Semester/Minggu ke /Hari ke : I / 1
/ 3
Hari /tgl : ……………………………………………………………………
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku/Identitas Diri (Mengurus diri sendiri)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.2 – 4.2 – 3.3 -4.3– 3.12-
4.12 – 3.14 -4.13.
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menjaga
kebersihan diri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Memberi dan
membalas salam
-
Fungsi
identitas diri
-
Hobyku
-
Menggerakkan
jari-jari tangan
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Gambar anak laki-laki dan anak
perempuan
- Gambar
- Gunting
- Pensil
Karakter :Peduli Sosial,
Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Menyanyi lagu mandi
3. Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.
Berdiskusi
tentang menjaga kebersihan dirii
5.
Berdiskusi
memberi dan membalas salam
6.
Berdiskusi
tentang hobyku
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Bercerita tentang cara mengurus diri sendiri
2. Menggunting gambar mainan kesukaan
3. Membuat urutan bilangan pada gambar mainan kesukaan
4. Membiasakan anak memberi dan membalas salam yang baik
C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan
bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan
bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
b. Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
c.
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan ketrampilan
1. Berani tampil di depan temannya
2. Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
3. Dapat memberi dan membalas salam yang baik
4. Dapat menggunting gambar dengan rapi
5. Dapat menceritakan dan mengurutkan cara mandi yang benar
6. Dapat membuat urutan bilangan dengan benar
Mengetahui;
Kepala
RA Ya ‘Abidi
Jumhudi,
S.Pd.I, M.Si
|
|
Guru
Kel B
Nurul
Alfiyani
|
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
RAUDLATUL ATFHAL YA ‘ABIDI SUKADANA KECAMATAN
TUKDANA
Semester/Minggu ke/ Hari ke : I / 1
/ 4
Hari /tgl : ………………………………………………………………………
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku /Identitas Diri (Usia)
KD : 1.1 – 1.2 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12
-14.12 -3.14 -4.14
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
diri sendiri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Fungsi
identitas diri
-
Pengenalan
expresi wajah
-
Hobyku
-
Menggerakkan
jari-jari tangan
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Kue ulang tahun kecil
- Pensil,buku tulis
- Benda-benda
Karakter :Toleransi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Menyanyi lagu ulang tahun
3. Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4. Berdiskusi tentang identitas anak dengan lengkap (usia anak)
5. Berdiskusi memberi dan membalas salam
6. Berdiskusi tentang hobyku
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Menghiasi kue ulang tahun
2. Bercerita tentang kata ganti aku
3.
Memasangkan
gambar sesuai pasangannya
4. Menulis angka sesuai usia anak
C. RECALLING:
5. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
6. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan
bermain
7. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan
bersama
8.
Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
9.
Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan ketrampilan
1. Berani tampil di depan temannya
2. Menyebutkan usia anak
3. Dapat memberi dan mambalas salam
4. Dapat memasangkan gambar sesuai pasangannya
5. Dapat menghiasi kue ulang tahun
6. Dapat menulis angka sesuai usianya sendiri
Mengetahui;
Kepala
RA Ya ‘Abidi
Jumhudi,
S.Pd.I, M.Si
|
|
Guru
Kel B
Nurul
Alfiyani
|
0 Komentar