silabus sd/mi pelajaran IPS kurtilas terbaru

17:21

Add caption

SILABUS MATA PELAJARAN
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
MI MIFTAHUL HUDA SUKADANA











MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(IPS)

















YAYASAN ABDI ILMU DINUL ISLAM
MI MIFTAHUL HUDA SUKADANA




DAFTAR ISI


DAFTAR ISI
  i

I. PENDAHULUAN
1
  1. Rasional
  2. Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
  3. Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
  4. Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
  5. Pembelajaran dan Penilaian
  6. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.   Kelas IV
B.   Kelas V
C.   Kelas VI
1

3
3
5
7


10
 


12
12
14
17



































I.     PENDAHULUAN

A.   Rasional

Tema sentral pengembangan Kurikulum 2013 adalah naskah yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang  produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, maka proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang bagi tumbuhnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan potensi bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik.

Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut: (1) mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik; (2) sekolah merupakan bagian tidak terpisahkan dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana, peserta didik menerapkan    materi yang   dipelajari ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar; (3) mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat; (4) memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (5) kompetensi dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dioperasionalisasikan dalam bentuk kompetensi dasar matapelajaran; (6) kompetensi inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar, semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran diarahkan untuk mencapai kompetensi inti; (7) kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar matapelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).

Pada kurikulum 2013, khususnya untuk jenjang SD, terdapat beberapa perubahan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Mata pelajaran IPS di kelas I sampai III ditiadakan, tetapi muatan IPS tetap ada dan diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn dan Matematika. Sementara Kelas IV sampai VI mata pelajaran IPS berdiri sendiri tetapi pembelajarannya diberikan secara tematik terpadu dengan mata pelajaran lain. Geografi, sejarah, ekonomi dan sosiologi dilebur dalam bentuk tema secara terintegratif.
Melalui pembelajaran tematik terpadu, pembelajaran IPS diharapkan lebih bermakna bagi peserta didik. Mata pelajaran IPS dirumuskan atas dasar realitas sosial yang diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner dan transdisipliner Pembelajaran IPS dilakukan dalam rangka mencapai kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Meskipun KD pada sikap spiritual dan sikap sosial tidak dirumuskan sebagai KD tersendiri namun sikap spiritual dan sikap Sosial dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran tidak langsung (Indirect Teaching).

Pembelajaran IPS SD dilakukan untuk menjadikan peserta didik aktif, kritis, beradab, dan berkesadaran sebagai warga negara yang dapat berperan dalam kehidupan masyarakat multikultur pada lingkungan lokal, nasional, dan global. Ruang lingkup materi IPS di Sekolah Dasar, diawali dari pengenalan lingkungan dan masyarakat terdekat, mulai kabupaten, provinsi, nasional dan internasional. Antara satu wilayah dengan wilayah lainnya memiliki koneksi. Lingkungan internasional di lingkup SD dibatasi pada pengenalan lingkungan ASEAN. Pengembangan Mata Pelajaran IPS untuk SD secara terintegrasi tematik (integrated), tidak semata-mata transfer kognisi, melainkan juga membangun sikap dan keterampilan sosial sederhana, seperti mampu melakukan pengamatan dan mengomunikasikan karakteristik dan konektifitas lingkungan dan masyarakat terdekat kepada pihak lain secara santun melalui kerjasama dengan menggunakan teknologi.

Silabus Mata Pelajaran IPS SD/MI disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual,  dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

Pembelajaran di SD/MI dari Kelas I sampai dengan Kelas VI dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Silabus Tematik Terpadu SD/MI telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, dapat menggunakan dokumen Silabus Mata Pelajaran IPS SD/MI ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD sebagai acuan.

B.           Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi salah satu mata pelajaran di pendidikan dasar (SD/MI dan SMP/MTs), sedangkan di pendidikan menengah (SMA/MA) IPS dikenal sebagai kelompok peminatan bersama-sama dengan peminatan MIPA; Bahasa dan Budaya. IPS di pendidikan dasar khususnya SD, bersifat terpadu-integreted karena itu pembelajarannya tematik. Pada kelas rendah (I,II dan III) IPS dipadukan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika; pada SD/MI kelas tinggi (Kelas IV, V, dan VI) menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.  Pada jenjang SMP/MTs, pembelajarannya bersifat terpadu-korelatif, secara materi konsep-konsep ilmu sosial dalam IPS belum terikat pada tema. Pada pendidikan menengah yaitu SMA/MA  IPS menjadi kelompok peminatan, yang di dalamnya terdiri atas mata pelajaran yang berdiri sendiri (monodisipliner) yaitu Geografi, Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah.
Setelah mengikuti pembelajaran IPS di pendidikan dasar dan kelompok peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial di pendidikan menengah, peserta didik akan memiliki kemampuan sebagai berikut.
·         Mengenal dan memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya;
·         Mengaplikasikan teori, pendekatan dan metode ilmu-ilmu sosial dan humaniora, dalam penelitian sederhana dan  mengomunikasikan secara lisan dan/atau tulisan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah dengan memanfaatkan teknologi informasi;
·         Berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, kreatif, inovatif, kolaboratif dan terampil menyelesaikan masalah dalam kehidupan masyarakat;
·         Memahami dampak dari perkembangan ilmu pengetahuan terhadap perkem­bangan teknologi dan kehidupan manusia baik di masa lalu maupun potensi dampaknya di masa depan bagi dirinya, orang lain, dan lingkungannya
·         Memiliki komitmen dan  kesadaran  terhadap  nilai-nilai  sosial  dan kemanusiaan serta bangga menjadi warga negara Indonesia; dan
·         Berkomunikasi, bekerja sama, dan berdaya saing dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, global.

Kemampuan lulusan tersebut dapat dirumuskan menjadi tingkatan kompetensi keterampilan sosial pada setiap jenjang seperti gambar 1.

Gambar 1. Peta Kerja Ilmiah IPS di pendidikan dasar dan Kelompok
Peminatan IPS di pendidikan menengah


  1. Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

Konten pendidikan IPS terdiri atas pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang dikembangkan dari masyarakat dan disiplin ilmu-ilmu sosial. Secara rinci, konten IPS meliputi: (1) aspek pengetahuan tentang kehidupan  masyarakat di sekitarnya, bangsa, dan umat manusia dalam berbagai bidang kehidupan dan lingkungannya; (2) aspek keterampilan terdiri atas berpikir logis dan kritis, membaca, keterampilan belajar (learning skills), memecahkan masalah, berkomunikasi, dan bekerjasama dalam kehidupan bermasyarakat-berbangsa (3) aspek sikap terdiri atas nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, keingintahuan, kemandirian, menghargai prestasi, berkompetisi, kreatif dan inovatif.    

Muatan IPS di kelas I sampai dengan Kelas III terintegrasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn. Kompetensi yang diharapkan setelah peserta didik mengikuti pembelajaran IPS di SD/MI, yaitu:

Kelas I-III
Kelas IV
Kelas V-VI
Kelas I, II dan III terintegrasi dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn
Kompetensi yang diharapkan adalah:

-    Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan     waktu, manusia, dan
 lingkungannya
-       Menunjukkan
perilaku sosial di lingkungan setempat
-       Mengenal  diri dan keluarga/ orang-orang  di tempat tinggalnya, peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada diri sendiri dan keluarga, teknologi produksi, komunikasi, serta transportasi di lingkungan setempat
-       Menceritakan tentang  diri dan keluarga/ orang-orang  di tempat tinggalnya, peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada diri sendiri dan keluarga teknologi produksi, komunikasi, serta transportasi di lingkungan setempat

-    Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan     waktu, manusia, dan
    lingkungannya
-       Menunjukkan perilaku sosial dan budaya yang mencerminkan
jatidiri bangsa Indonesia
-       Mengenal konsep dan karakteristik ruang, waktu dan aktifitas manusia dalam kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya,
-       Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama
dalam masyarakat
-       Menceritakan hasil eksplorasi mengenai kehidupan bangsa
    Indonesia
-        Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dalam mengelola
lingkungannya
-        Menunjukkan perilaku sosial dan budaya yang mencerminkan dirinya sebagai warganegara
Indonesia
-        Menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memanfaatkannya secara bijaksana
-        Menceritakan interaksi manusia dengan lingkungan dan perubahan sosial yang terjadi
-        Menceritakan peran ekonomi
-        Meneladani tindakan heroik pemimpin bangsa, dalam kehidupan sosial dan budaya bangsa Indonesia
-        Menceritakan hasil eksplorasi mengenai kehidupan bangsa
Indonesia


  1. Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

Mata pelajaran IPS diberikan sejak jenjang SD/MI sampai SMA/MA. Pada jenjang SD/MI kelas I, II dan III muatan IPS diintegrasikan pada kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika, sedangkan untuk kelas IV sampai kelas VI, IPS menjadi mata pelajaran tersendiri tetapi pembelajarannya dilakukan secara tematik terpadu dengan mata pelajaran lainnya.
Kerangka Pengembangan Kurikulum IPS SD/MI kelas IV sampai kelas VI mengikuti  pengorganisasian Kompetensi Inti sebagai berikut.

Kelas IV
Kelas V
Kelas VI
1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air

2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya , serta cinta tanah air

3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain
4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (Indirect Teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Ruang Lingkup Mata Pelajaran IPS untuk Sekolah Dasar:
Ruang lingkup mata pelajaran IPS SD
1.   Karakteristik keruangan dalam lingkup nasional dan regional
2.   Keragaman sosial, interaksi sosial dan perubahan sosial
3.   Kegiatan ekonomi penduduk
4.   Perubahan masyarakat Indonesia sejak jaman Hindu Buddha sampai sekarang.

Bagan ruang lingkup IPS SD dapat digambarkan sebagai berikut.





Tabel Peta Materi IPS

Kelas IV
Kelas V
Kelas VI
·    Letak dan luas kabupaten/kota, dan provinsi dalam peta
·    Kondisi/karakteristik alam
·    Kondisi kependudukan
·    Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam
·   Keragaman sosial budaya
·   Keragaman ekonomi, etnis, agama
·   Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
·   Lembaga ekonomi
·   Perniagaan untuk meningkatkan kesejahteraan
·   Kerajaan Hindu- Buddha
·   Kerajaan Islam
·    Letak dan luas Indonesia dalam peta
·    Kondisi alam wilayah Indonesia
·    Karakteristik kependudukan
·    Pengaruh negara maritim dan agraris terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
·      Interaksi sosial budaya
·      Sosialisasi/ enkulturasi
·      Pembangunan sosial budaya Pembangunan ekonomi
·      Kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia.
·     Penjajahan bangsa Eropa di Indonesia
·     Perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah bangsa Eropa
·     Organisasi pergerakan nasional
·     Masa pendudukan militer Jepang di Indonesia
·    Tokoh-tokoh lokal yang berjuang melawan penjajahan Eropa dan Jepang

·   Posisi dan luas wilayah ASEAN pada peta Asia
·   Karakteristik kondisi alam kawasan ASEAN.
·   Karakteristik kependudukan  kawasan ASEAN
·   Negara-negara ASEAN (11 negara)
·   Posisi wilayah ASEAN dalam politik, ekonomi, sosial budaya
·   Perubahan sosial budaya
Modernisasi dalam bidang iptek, ekonomi, pendidikan, dan Demokrasi.
·  Ekspor dan Impor
·  Pengiriman/pertu-karan tenaga kerja.
·  Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
·  SEAMEO
·  Sekretariat ASEAN
·  Proklamasi kemerdekaan Indonesia
·  Peran Soekarno-Hatta dalam proklamasi
·  Perjuangan mempertahankan  kemerdekaan .
·   Membangun kehidupan kebangsaan yang berdaulat (NKRI)
·   Peran bangsa Indonesia dalam membangun kehidupan masyarakat .


E. Pembelajaran dan Penilaian
1.   Pembelajaran
·         Pembelajaran IPS dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran Terpadu.
·         Pembelajaran IPS menggunakan pendekatan saintifik dengan memperhatikan langkah kegiatan pembelajaran 5 M yang dapat diperkuat dengan model-model pembelajaran, antara lain: Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), Pembelajaran penemuan dan penyelidikan (discovery-Inquiry learning), Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning).  Selain itu, pembelajaran IPS
·         Menekankan pada kegiatan pembelajaran yang melibatkan proses berpikir kritis, analitis, dan ilmiah serta proses pembiasaan bersikap dan berperilaku peduli lingkungan.
·         Kegiatan pembelajaran harus kuat menunjukkan indirect teaching dari pembelajaran IPS.
·         IPS sangat menekankan pengenalan  peserta  didik  terhadap  lingkungannya, agar peserta didik tidak tercerabut dari budaya lokal. Pengenalan lingkungan dan masyarakat diawali dari lingkungan yang terdekat sampai yang terjauh. Pengenalan wilayah lokal, juga harus mampu mengidentifikasi sejumlah nilai kearifan lokal, yang dapat diambil contohnya dari ceritera rakyat dan sejarah setempat.
·         Pembelajaran IPS tidak hanya menyiapkan peserta didik untuk mengenal potensi daerahnya, tetapi juga mengembangkan nasionalisme dan menyiapkan peserta didik menjadi warga dunia yang unggul dan dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
·         Kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik: (sebagai pendekatan, sebagai model, dan sebagai kemampuan) selalu dikaitkan dengan kondisi daerah masing-masing. Lingkungan menjadi sumber belajar yang penting baik secara langsung melalui observasi maupun melalui media pembelajaran seperti gambar atau film. Sumber pembelajaran IPS diharapkan dapat memanfaatkan lingkungan sekitar. Karakteristik potensi fisik dan sosial yang terdapat di daerah sekitar dapat diangkat menjadi sumber dan sekaligus media pembelajaran IPS.
·         Kompetensi IPS di SD dicapai melalui pembelajaran tematik terpadu dengan mata pelajaran lain.

2.   Penilaian
Penilaian hasil belajar IPS merupakan proses pengumpulan informasi/bukti autentik tentang capaian pembelajaran peserta didik yang meliputi: kompetensi  sikap  spiritual, kompetensi sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, selama dan setelah proses pembelajaran.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik memiliki fungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan peserta didik secara berkesinambungan.

Penilaian sikap meliputi penilaian observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal. Sikap sosial dalam IPS meliputi: jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri. Penilaian sikap digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut sesuai dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.
Penilaian pengetahuan IPS mencakup: tes tertulis, lisan, penugasan. Pengetahuan yang harus dimiliki oleh peserta didik meliputi penguasaan definisi, konsep, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah sosial.

Penilaian keterampilan/kinerja dapat diwujudkan dalam bentuk: unjuk kerja; tugas kelompok atau individu; observasi partisipatif; portofolio; proyek, pameran atau demonstrasi.

  1. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik.

Kegiatan Pembelajaran pada silabus ini dapat disesuaikan dan diperkaya dengan konteks daerah atau sekolah, serta konteks global sebagai sumber belajar untuk mencapai kualitas optimal hasil belajar pada peserta didik terhadap Kompetensi Dasar. Kontekstualisasi pembelajaran tersebut dimaksudkan agar peserta didik tetap berada pada budayanya, mengenal dan mencintai alam dan sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus menjadi pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia.
Sumber belajar yang ada di lingkungannya seperti peristiwa sosial serta fenomena di lingkungan sekitarnya dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Dalam pembelajaran tematik terpadu SD dapat menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan pemahaman dengan mengakses berbagai sumber belajar dari dunia maya dan sekaligus meningkatkan literasi teknologi informasi.

Buku bukan satu-satunya sumber belajar, buku dapat diperkaya dengan konteks yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekitarnya.


II.   KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.   Kelas IV
    Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1    Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi        

·   Letak dan luas kabupaten/ kota  dan provinsi dalam peta
·   Kondisi/karak-teristik alam (iklim,  bentuk muka bumi, flora, fauna)
·   Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran)
·   Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam

·      Mengamati  gambar/peta/ foto/video/teks bacaan yang relevan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam.
·      Mendiskusikan/mengum-pulkan data yang berhubungan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam.  
·      Mengidentifikasi dan menyimpulkan bersama tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.






3.2   Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat  sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2   Menyajikan hasil identifikasi  mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat  sebagai identitas bangsa Indonesia

·      Keragaman sosial budaya
·      Keragaman  ekonomi,
·      Keragaman etnis
·      Keragaman agama





·         Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan  dan bertanya jawab tentang: keragaman sosial budaya;  ekonomi; etnis dan agama
·         Mendiskusikan/mencari gambar/mengumpulkan data melalui wawancara tentang keragaman sosial budaya;  ekonomi; etnis; agama
·         Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang keragaman sosial budaya;  ekonomi; etnis; agama
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
·    Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
·  Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)
·  Lembaga ekonomi
·  Perniagaan untuk meningkatkan kesejahteraan
·        Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan tentang: Kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat
·        Mendiskusikan/mengum-pulkan data dari narasumber yang berbeda profesi/melakukan wawancara tentang kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dan lembaga ekonomi; perniagaan untuk meningkatkan kesejahteraan yang ada di lingkungan sekitar sampai provinsi
·        Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang: kegiatan ekonomi dan perniagaan, lapangan kerja, lembaga ekonomi,  untuk meningkatkan kesejahteraan yang ada di lingkungan sekitar sampai provinsi
3.4   Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada  kehidupan masyarakat masa kini  di lingkungan daerah setempat
4.4   Menyajikan hasil identifikasi kerajaan   Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada  kehidupan masyarakat masa kini  di lingkungan daerah setempat.
·    Kerajaan Hindu- Buddha (Kutai,Taruma-negara, Mataram kuno, Sriwijaya, Singosari dan Majapahit) dari aspek:
-    Letak geo-grafis
-    Sumber dan tokoh
-    Peninggalan Hindu – Buddha di lingkungan sekitarnya.
-    Pengaruh Hindu-Buddha di kehidupan masa kini.
·   Kerajaan Islam (Samudra Pasai, Demak, Mataram, Ternate dan Tidore, Banten, Goa Tallo) dari aspek:
-    Letak geografis
-    Sumber dan tokoh
-    Peninggalan kerajaan Islam di lingkungan sekitarnya
-    Pengaruh kerajaan Islam di kehidupan masa kini

·         Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan tentang: Kerajaan Hindu-Buddha dan Kerajaan Islam dari aspek: letak geografis, sumber dan tokoh, peninggalan di lingkungan sekitarnya, dan pengaruhnya di kehidupan masa kini 
·         Mendiskusikan/ membuat daftar identifikasi / membaca sumber lain/ mengumpulkan data yang berhubungan dengan: Kerajaan Hindu-Buddha dan Kerajaan Islam dari aspek: Letak geografis, sumber dan tokoh, peninggalan di lingkungan sekitarnya, dan pengaruhnya di kehidupan masa kini.
·         Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang: Kerajaan Hindu-Buddha, dan Kerajaan Islam dari aspek: letak geografis, sumber dan tokoh, peninggalan di lingkungan sekitarnya, dan pengaruhnya di kehidupan masa kini 



B.   Kelas V
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap  kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi

4.1 Menyajikan hasil identifikasi mengenai karakteristik geografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap  kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
·   Letak dan luas Indonesia dalam peta
·   Kondisi alam wilayah Indonesia (iklim, geologi, bentuk muka bumi, flora, fauna)
·   Karakteristik kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran dan pertumbuhan)
·   Pengaruh negara maritim dan agraris terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
·           Mengamati gambar/peta/foto/ video/ tabel/ teks bacaan dan bertanya jawab tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
·         Mendiskusikan dan mengumpulkan informasi dari sumber lain yang berhubungan dengan karakteristik geografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
·         Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan  dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia
4.2 Menyajikan hasil analisis  bentuk-bentuk   interaksi manusia dengan lingkungan  dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia
·   Interaksi sosial budaya
·   Sosialisasi/ enkulturasi
·   Pembangunan sosial budaya
·   Pembangunan ekonomi

·         Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan dan  bertanya jawab  tentang interaksi sosial dan hasil-hasil pembangunan di lingkungan masyarakat, serta pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia
·         Mendiskusikan/me-lakukan wawancara dengan narasumber/ mengumpulkan informasi dari sumber lain yang berhubungan dengan interaksi sosial di lingkungan masyarakat serta pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia
·            Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil diskusi tentang  interaksi sosial di lingkungan masyarakat serta pengaruhnya terhadap pembangunan  sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia

3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa
4.3 Menyajikan  hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat  di bidang sosial dan budaya  untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa
·   Kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dalam bidang:
s pertanian
s peternakan
s perkebunan dan kehutanan
s perikanan
s pertambangan
s perindustrian

·         Mengamati gambar/foto/ video/teks bacaan  dan bertanya jawab tentang kegiatan ekonomi
·         Mendiskusikan/ mencoba/ mencari informasi dari sumber lain yang berhubungan tentang  kegiatan ekonomi dan perannya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia
·         Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil diskusi tentang kegiatan ekonomi dan perannya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia
3.4   Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan  bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya
4.4   Menyajikan  hasil identifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan  bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya
·     Penjajahan bangsa Eropa di Indonesia
·     Perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah bangsa Eropa
·     Organisasi pergerakan nasional (Budi Utomo, Serikat Islam, Indische Partij, Taman Siswa, PNI, Muhammadiyah, NU)
·     Masa pendudukan militer Jepang di Indonesia
·     Tokoh-tokoh lokal yang berjuang melawan penjajahan Eropa dan Jepang


·         Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan dan bertanya jawab  tentang: penjajahan bangsa Eropa di Indonesia;
Perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah bangsa Eropa;
Organisasi pergerakan nasional; Masa pendudukan militer Jepang di Indonesia; Tokoh-tokoh lokal yang berjuang melawan penjajahan Eropa dan Jepang
·         Mendiskusikan dan mengumpulkan data dari sumber lain tentang faktor-faktor penting penyebab Penjajahan bangsa Eropa dan bangsa Jepang di Indonesia; Upaya-upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya
·         Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil diskusi tentang:  Faktor-faktor penting penyebab Penjajahan bangsa Eropa dan bangsa Jepang di Indonesia; Upaya-upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya


C.                     Kelas VI
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

3.1  Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
4.1     Menyajikan hasil identifikasi karakte-ristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN

·   Posisi dan luas wilayah ASEAN pada peta Asia
·   Karakteristik kondisi alam kawasan ASEAN
·   Karakteristik kependudukan (jumlah, sebaran, komposisi, kepadatan dan pertumbuhan penduduk) kawasan ASEAN
·   Negara-negara ASEAN (11 negara)
·   Posisi wilayah ASEAN dalam politik, ekonomi, sosial budaya
·         Mengamati peta Asia/gambar/video/ grafik/teks/lagu/gam-bar/dan bertanya jawab tentang karakteristik geografis wilayah ASEAN dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik  di wilayah ASEAN
·         Mendiskusikan/mem-baca dari berbagai sumber/membuat tabel karakteristik/wawan-cara tentang karakteristik geografis wilayah ASEAN; dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik  di wilayah ASEAN
·         Mempresentasikan secara lisan maupun tertulis tentang hasil identifikasi dan hasil diskusi dari karakteristik geografis wilayah ASEAN; dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN

3.2   Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
4.2  Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia

·      Perubahan sosial budaya

·      Modernisasi dalam bidang iptek, ekonomi, pendidikan, dan demokrasi




·         Mengamati gambar teks/film/video/ cerita/dan bertanya jawab tentang perubahan kehidupan sosial budaya pada masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang iptek, ekonomi, pendidikan dan demokrasi
·         Mendiskusikan /membuat tabel membandingkan /mencari gambar/ tentang perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang iptek, ekonomi, pendidikan dan demokrasi

·         Mempresentasikan secara lisan/tertulis hasil diskusi tentang perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang iptek, ekonomi, pendidikan, dan demokrasi    
3.3   Menganalisis posisi dan peran Indonesia  dalam kerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan  dalam lingkup ASEAN
4.3   Menyajikan hasil analisis tentang  posisi dan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan  dalam lingkup ASEAN
·       Ekspor & Impor
·       Pengiriman/pertukaran tenaga kerja
·       Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
·       SEAMEO
·       Sekretariat ASEAN

·            Mengamati gambar/cerita/teks bacaan/video dan tanya jawab  tentang peran dan posisi Indonesia dalam kerja sama pada lingkup ASEAN
·            Mendiskusikan/mem-buat tabel/mencari informasi dari sumber lain tentang: posisi dan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan 
·            Mempresentasikan/
menyajikan hasil diskusi secara lisan dan tertulis tentang
posisi dan peran Indonesia  dalam kerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan 

3.4    Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera
4.4    Menyajikan laporan tentang makna  proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera
·     Proklamasi kemerdekaan Indonesia
·     Peran Soekarno-Hatta dalam proklamasi
·     Perjuangan mem-pertahankan  kemerdekaan melalui:
-    Perang Kemer-dekaan I dan perang kemer-dekaan II
-    Perjanjian Renville, Rum-Royen, Linggar jati, Konferensi Meja Bundar (tempat, tokoh dan kronologi)
·  Membangun kehidupan kebangsaan yang berdaulat (NKRI)
·  Peran bangsa Indonesia dalam membangun kehidupan  masyarakat Internasional (PBB, KAA, GNB, ASEAN, dan APEC)
·          Mengamati gambar/video/film/
teks bacaan/ foto tokoh dan bertanya jawab tentang: Proklamasi kemerdekaan Indonesia; Peran Soekarno-Hatta dalam proklamasi;
Perjuangan mempertahankan  kemerdekaan;
Peran bangsa Indonesia dalam membangun kehidupan masyarakat Internasional
·        Mendiskusikan/mem-baca berbagai sumber/ bermain peran tentang: Proklamasi kemerdekaan Indonesia; Peran Soekarno-Hatta dalam proklamasi;
Perjuangan mempertahankan  kemerdekaan;
Peran bangsa Indonesia dalam membangun kehidupan  masyarakat Internasional
·        Mempresentasikan secara lisan dan tertulis tentang Proklamasi kemerdekaan Indonesia; Peran Soekarno-Hatta dalam proklamasi;
Perjuangan mempertahankan  kemerdekaan;
Peran bangsa Indonesia dalam membangun kehidupan masyarakat Internasional



Previous
Next Post »
0 Komentar