contoh RPPH kelompok A semester 1

17:01
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
RA YA ‘ABIDI SUKADANA  KECAMATAN TUKDANA


Semester/Minggu ke/
Hari ke                             :   I / 1 / 1

Hari /tgl                            :   ……………………………………………………………
Kelompok usia                 :   A
Tema/sub tema                 :   Diriku /Identitas Diri (Nama )
KD                                   :  1.1 – 1.2 – 2.5 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3 – 3.12-4.12
Materi                              :  -   Aku ciptaan Tuhan
-          Menyayangi diri sendiri
-          Berani tampil di depan umum
-          Mengurus diri sendiri
-          Menyanyi lagu Aku
-          Fungsi identitas diri
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                  :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                 :  -   Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
                                                   -   Kertas,kartu nama,pensil
                                                   -   Kertas gambar,krayon
Karakter                           :  Religius, Mandiri

Proses kegiatan

A. PEMBUKAAN:

1.      Penerapan SOP pembukaan
2.      Menyanyi lagu Aku
3.      Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.      Mengamati seorang anak
5.      Berdiskusi tentang identitas anak yang ada di depan
6.      Berdiskusi cara menyayangi diri sendiri
7.      Mengenalkan kegiatandan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

1.      Mewarnai gambar anak laki-laki / perempuan
2.      Menghitung  teman yang laki-laki dan yang perempuan
3.      Menyebutkan nama panggilannya
4.      Membuat garis datar

C.RECALLING:

1.      Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.      Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.      Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.      Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.      Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP

1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.      Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.      Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.      Penerapan SOP penutupan




E. RENCANA PENILAIAN

      1.   Sikap
a.       Mensyukuribahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.      Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.      Pengetahuan dan   ketrampilan
a.       Menunjukkan  diri anak
b.      Menyebutkan identitas diri
c.       Dapat menyayangi dirinya sendiri
d.      Dapat mewarnai gambar dengan rapi
e.       Dapat menghitung teman sesuai jenis kelamin
f.       Dapat membuat garis datar dengan rapi



Mengetahui;
Kepala RA Ya ‘Abidi




Jumhudi, S.Pd.I, M.Si

Guru Kel A





Tati Sunarti



















RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
RA YA ‘ABIDI SUKADANA  KECAMATAN TUKDANA
Semester/Minggu ke /Hari Ke :   I / 1 / 2
Hari /tgl                                        :   ……………………………………………………………….
Kelompok usia                           :   A
Tema/sub tema                         :   Diriku /Identitas Diri (Jenis Kelamin)
KD                                                :  1.1 – 1.2 – 2.1 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.10 -4.310– 3.12- 4.12
Materi                                          :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menyayangi diri sendiri
-          Menjaga kebersihan diri
-          Mengurus diri sendiri
-          Menyanyi lagu Aku
-          Identitas diri dengan lengkap
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                           :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -   Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
                                                   -   Kertas,kartu kata,pensil
                                                   -   Kertas gambar,krayon, Plastisin
Karakter                                      : Tanggung Jawab

Proses kegiatan

A. PEMBUKAAN:

1.   Penerapan SOP pembukaan
2.     Menyanyi lagu Aku
3.     Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.     Mengamati seorang anak
5.     Berdiskusi tentang ciri-ciri anak yang ada di depan
6.     Berdiskusi cara mengurus diri sendiri
7.     Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

1.       Mengelompokkan gambar anak sesuai jenis kelamin
2.       Menyebutkan perbedaan anak laki-laki dan perempuan
3.       Membuat bentuk orang dengan plastisin
4.       Meniru huruf awal dari nama anak

C. RECALLING:

a.     Merapikan alat-alat yang telah digunakan
b.     Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
c.     Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
d.     Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
e.     Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP

1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan




E. RENCANA PENILAIAN

      1.   Sikap
a.       Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.       Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.       Pengetahuan dan   ketrampilan
a.     Menunjukkan  diri anak
b.     Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
c.      Dapat membedakan anak laki-laki dan anak perempuan
d.     Dapat membentuk dengan plstisin
e.     Dapat menebali huruf awal dari nama anak
f.       Dapat mengelompokkan gambar sesuai jenis kelamin




Mengetahui;
Kepala RA Ya ‘Abidi




Jumhudi, S.Pd.I, M.Si

Guru Kel A





Tati Sunarti





































RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
RA YA ‘ABIDI SUKADANA  KECAMATAN TUKDANA


Semester/Minggu ke /Hari ke :   I / 1 / 3
Hari /tgl                                        :   ……………………………………………………………………
Kelompok usia                           :   A
Tema/sub tema                         :   Diriku/Identitas Diri (Mengurus diri sendiri)
KD                                                :  1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.2 – 4.2 – 3.3 -4.3– 3.12- 4.12 – 3.14 -4.13.
Materi                                          :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menjaga kebersihan diri
-          Berani tampil di depan umum
-          Memberi dan membalas salam
-          Fungsi identitas diri
-          Hobyku
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                           :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -   Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
    -   Gambar
                            -   Gunting
                                                   -   Pensil
Karakter                                      :Peduli Sosial, Kreatif

Proses kegiatan

A. PEMBUKAAN:

1.   Penerapan SOP pembukaan
2.   Menyanyi lagu mandi
3.     Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.     Berdiskusi tentang menjaga kebersihan dirii
5.     Berdiskusi memberi dan meminta maaf
6.     Berdiskusi tentang hobyku
7.     Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
1.       Bercerita tentang cara mengurus diri sendiri
2.       Menggunting gambar mainan kesukaan
3.       Membuat urutan bilangan pada gambar mainan kesukaan
4.       Membiasakan anak memberi dan membalas salam yang baik

C. RECALLING:

a.     Merapikan alat-alat yang telah digunakan
b.     Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
c.     Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
d.     Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
e.     Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP

1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan




E. RENCANA PENILAIAN

      1.   Sikap
b.       Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
c.        Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
a.       Berani tampil di depan temannya
b.       Dapat menyebutkan identitas diri dengan lengkap
c.        Dapat memberi dan meminta maaf yang baik
d.       Dapat menggunting gambar dengan rapi
e.       Dapat menceritakan dan mengurutkan cara mandi yang benar
f.         Dapat membuat urutan bilangan dengan benar


Mengetahui;
Kepala RA Ya ‘Abidi




Jumhudi, S.Pd.I, M.Si

Guru Kel A





Tati Sunarti



































RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
RA YA ‘ABIDI SUKADANA  KECAMATAN TUKDANA


Semester/Minggu ke/ Hari ke :   I / 1 / 4
Hari /tgl                                        :   ………………………………………………………………………
Kelompok usia                           :   A
Tema/sub tema                         :   Diriku /Identitas Diri (Usia)
KD                                                :  1.1 – 1.2 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12 -14.12 -3.14 -4.14
Materi                                          :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menyayangi diri sendiri
-          Berani tampil di depan umum
-          Fungsi identitas diri
-          Pengenalan expresi wajah
-          Hobyku
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                           :     Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -  Kue ulang tahun kecil
    -  Pensil,buku tulis
                                                   -  Benda-benda
Karakter                                      :Toleransi

Proses kegiatan

A. PEMBUKAAN:

1.     Penerapan SOP pembukaan
2.     Menyanyi lagu ulang tahun
3.     Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.     Berdiskusi tentang identitas anak dengan lengkap (usia anak)
5.     Berdiskusi memberi dan meminta maaf
6.     Berjalan maju pada garis lurus
7.     Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

1.   Menghiasi kue ulang tahun
2.       Bercerita tentang kata ganti aku
3.       Memasangkan gambar sesuai pasangannya
4.       Meniru menulis angka sesuai usia anak

C. RECALLING:

        1.   Merapikan alat-alat yang telah digunakan
        2.   Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
        3.   Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
        4.   Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
        5.   Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP

1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
a.       Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.       Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
                a.   Berani tampil di depan temannya
                b.   Dapat menyebutkan usia anak
                c.   Dapat memberi dan mambalas salam
                d.   Dapat memasangkan gambar sesuai pasangannya
                e.   Dapat menghiasi kue ulang tahun
                f.    Dapat menulis angka sesuai usianya sendiri



Mengetahui;
Kepala RA Ya ‘Abidi




Jumhudi, S.Pd.I, M.Si

Guru Kel A





Tati Sunarti





















RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
RA YA ‘ABIDI SUKADANA  KECAMATAN TUKDANA



Semester/Minggu ke/Hari ke  :   I / 1 / 5
Hari /tgl                                        :   ………………………………………………………………………
Kelompok usia                           :   A
Tema/sub tema                         :   Diriku /Identitas diri (alamat)
KD                                                :  1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12 -14.12 -3.14 -4.14
Materi                                          :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menjaga kebersihan diri
-          Berani tampil di depan umum
-          Fungsi identitas diri
-          Pengenalan expresi wajah
-          Hobyku
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                           :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -  Pensil, kertas, gunting
    -  Buku gambar
                                                   -  Kursi
Karakter                                      :  Peduli Sosial

Proses kegiatan

A. PEMBUKAAN:

1. Penerapan SOP pembukaan
2.    Menyanyi lagu ..........
3.    Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.    Berdiskusi tentang identitas anak (alamat rumah)
5.    Berdiskusi memberi dan membalas salam
        6.    Melompat dari kursi
        7.    Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

1.     Membuat coretan bentuk  jalan dari rumah menuju ke sekolah
2.     Menyebutkan alamat rumah di depan temannya
3.     Meniru membuat huruf vokal ( a )
4.     Membuat  kartu nama

C.RECALLING:

1.       Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.       Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.       Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.       Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.       Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP

1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan



E. RENCANA PENILAIAN

      1.   Sikap
a.       Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.       Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
               a.   Berani tampil menyebutkan alamat rumahnya di depan temannya
               b.   Dapat menyebutkan alamat rumah dengan lengkap
               c.   Dapat menyebutkan huruf vokal
               d.   Dapat membuat coretan jalan dari rumah menuju sekolah
               e.   Dapat membuat kartu nama
               f.    Dapat melompat dari kursi



Mengetahui;
Kepala RA Ya ‘Abidi




Jumhudi, S.Pd.I, M.Si

Guru Kel A





Tati Sunarti


Previous
Next Post »
0 Komentar